Pages - Menu

Senin, 18 April 2016

Keanekaragaman Makhluk Hidup di Dunia

         Blog Kobi - Coba kita perhatikan gambar di bawah in! Gambar tersebut memperlihatkan bahwa makhluk hidup yang ada di bumi ini sangat beraneka ragam. Banyak sekali jenis hewan maupun tumbuhan yang ada di sekitar kita. Kenyataan ini mewujudkan betapa besar ciptaan Tuhan sehingga kita wajib mensyukurinya. Terkait dengan itu, maka pada artikel ini kita akan membahas materi Keanekaragaman Makhluk Hidup di Dunia dari sudut pandang secara biologi.

         Makhluk hidup di dunia ini sangat beragam dengan berbagai ciri kehidupan. Adapun beberapa ciri-ciri makluk hidup yaitu :
a). memerlukan nutrisi,
b). mempunyai susunan kimia yang kompleks,
c). melakukan pertumbuhan dan perkembangan,
d). mempunyai kemampuan bereproduksi,
e). melakukan aktivitas fisiologis seperti bernapas, adaptasi, dan lainnya.

         Tahukah Teman-teman Kobi bahwa jumlah makhluk hidup yang ada di bumi ini diperkirakan sekitar 100 juta jenis, bahkan lebih. Jika makhluk hidup ditambah dengan makhluk yang sudah menjadi fosil, maka ada sekitar 500 juta jenis. Jenis makhluk hidup yang sangat banyak memiliki keanekaragaman yang hampir tidak terbatas. Hal itu dapat dilihat dari bentuk tubuh, warna tubuh, ukuran tubuh, makanan, cara berkembang biak, cara beradaptasi, tingkah laku, penampilan, habitat, dan sebagainya.

         Bagaimana cara kita mempelajari banyaknya keanekaragaman makhluk hidup di dunia ini? Untuk mempermudah dalam mempelajari dan mengenal berjuta-juta jenis makhluk hidup, para ilmuwan menerapkan sistem tertentu, yaitu dengan menggunakan klasifikasi makhluk hidup.

         Bagaimanakah caranya kita menggolongkan suatu makhluk hidup itu kedalam jenis hewan atau tumbuhan? Berikut beberapa ciri dari mereka. Jika makhluk hidup tersebut kita golongkan sebagai hewan, maka langkah pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan mengetahui ciri-ciri yang dapat dilihat dan diamati terlebih dahulu, misalnya tingkah laku, penampilan, makanan, cara berkembang biak, dan lain-lain. Adapun jika makhluk hidup itu kita golongkan sebagai tumbuhan, coba ingat-ingat kembali mengenai ciri-ciri dari dunia tumbuhan seperti tempat tumbuh, batang, bentuk daun, dan bagian-bagian lainnya. Selain itu, untuk membedakan antara golongan tumbuhan dan hewan dapat diamati dari geraknya, hewan dapat bergerak bebas (pindah tempat) sedangkan tumbuhan hanya bergerak di tempat. Untuk itulah perlu adanya klasifikasi makhluk hidup.

         Setelah mengetahui ciri-ciri dari makhluk hidup, tentu kita sudah mengetahui bahwa klasifikasi merupakan suatu cara pengelompokan yang didasarkan pada ciri-ciri tertentu, seperti contoh di atas. Para ilmuwan mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan banyaknya persamaan dan perbedaan, baik morfologi, fisiologi, maupun anatominya. Makin banyak persamaan, dikatakan makin dekat tali kekerabatannya.

         Dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, makin maju pula para ilmuwan dalam mengelompokkan makhluk hidup dan makin teliti serta terinci mengamati perbedaan-perbedaan yang dapat diungkap. Dalam menggolongkan makhluk hidup, maka kita tidak berhenti hanya sampai pernyataan bahwa sesuatu tergolong tumbuhan atau hewan.

Sumber Tulisan :
BIOLOGI Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X oleh Idun Kistinnah dan Endang Sri Lestari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar