Rabu, 20 April 2016

Klasifikasi dalam Biologi Modern

         Blog Kobi - Seiring dengan perkembangan ilmu biologi yang bertambah maju, maka metode klasifikasi makhluk hidup dipelajari tersendiri dalam cabang ilmu taksonomi. Sebelumnya kita sudah mempelajari tentang klasifikasi sistem filogenik pada artikel "Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup". Dasar itulah yang digunakan dalam klasifikasi makhluk hidup yang lebih modern. Untuk melakukan klasifikasi yang baik dan benar, diperlukan tahap-tahap tertentu. Tahap-tahap apa saja yang diperlukan dalam Klasifikasi dalam Biologi Modern ? Itulah yang akan kita pelajari dalam artikel ini. Baca juga materi yang terkait dengan artikel ini yaitu tentang "Aturan Penamaan pada Takson".

         Apabila kita mencoba melakukan klasifikasi terhadap suatu makhluk hidup dengan baik dan benar, maka kita harus melalui beberapa tahap, yaitu pencandraan, pengelompokan, dan pemberian nama. Tahap-tahap ini lah yang termasuk kedalam Klasifikasi dalam Biologi Modern. Berikut penjelasan ketiga tahap tersebut.

1). Pencandraan/Identifikasi
         Jika teman-teman menemukan suatu makhluk hidup, apa yang akan teman-teman lakukan? Sebagai proses awal, tentu kita akan mencandra/mengidentifikasi terlebih dahulu. Proses ini sebaiknya dilakukan dengan cermat dan teliti. Identifikasi dimulai dari ciri-ciri yang mudah diamati, yaitu secara morfologi, anatomi, fisiologi, bila perlu sampai pada ciri-ciri biokimiawi.

2). Pengelompokan
         Setelah melakukan pencandraan/identifikasi, tentunya kita sudah mengetahui ciri-ciri makhluk hidup yang serupa dan yang tidak serupa. Ciri-ciri makhluk hidup yang serupa akan dikelompokkan dalam suatu takson yang kemudian diurutkan dari tingkat tinggi sampai pada tingkat rendah. Makin rendah tingkatan takson, makin sedikit anggotanya, tetapi persamaan ciri-ciri yang dimiliki anggotanya makin banyak.

3). Pemberian Nama Takson
         Dari hasil pengelompokan suatu makhluk hidup, alangkah baiknya bila pengelompokan tiap takson itu diberi nama. Pemberian nama ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam mengenal ciri-ciri suatu makhluk hidup yang berguna untuk membedakan dengan makhluk hidup lain.

Sumber Tulisan :
BIOLOGI Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X oleh Idun Kistinnah dan Endang Sri Lestari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar